oleh

Benny Wenda : Presiden Vanuatu Berpulang, ULMWP Pincang

-Artikel, Sosial-1.580 views

Jayapura – Presiden Vanuatu, Baldwin Lonsdale, menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (17/06/17), di Port Vila Vanuatu. Sepuluh hari duka cita ditetapkan oleh pemerintah Vanuatu yang berduka atas kematian Baldwin Lonsdale yang juga seorang Pendeta tersebut. Kematiannya yang tiba-tiba mengejutkan rakyat negeri itu.

Tak hanya rakyat Vanuatu yang berduka, kelompok separatis politik ULMWP pun turut berduka, karena mereka menganggap Baldwin Lonsdale adalah salah satu tokoh yang mendukung manuver politik ULMWP.

Sehingga dengan meninggalnya Presiden Vanuatu tersebut, ikut melemahkan sepak terjang ULMWP di dunia politik international. Seperti disampaikan Benny Wenda kepada Vanuatu Daily Post, Selasa (20/6/2017), “ULMWP kehilangan salah satu tokoh pendukung saat ini, dan kami sangat berduka, saat ini ULMWP sedang dalam masa kritis dan mulai tidak stabil karena berkurangnya dukungan dari Vanuatu,” tutur Benny Wenda.

Manuver politik ULMWP mulai mengalami hambatan, terlebih lagi dukungan dana, karena sedikitnya Baldwin Lonsdale beberapa kali pernah memberikan dukungan dana kepada Benny Wenda.

Rencana Back The Swim yang akan di gelar di genewa terancam gagal, selain kurang mendapatkan simpati dari rakyat Papua, beberapa Negara besar pun enggan untuk ikut campur urusan referendum tersebut, ditambah lagi salah satu tokoh kunci terbentuknya ULMWP saat ini sudah tiada. (Dees)

News Feed