oleh

Benhur Tommy Mano : Otsus Membantu Peningkatan Suber Daya Manusia Di Papua

Kitorangpapuanews.com – Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano mengklaim dana Otonomi Khusus (Otsus) telah membantu penyelenggaraan pemerintah daerah, terutama di sektor yang berkaitan peningkatan sumber daya manusia, Senin (19/10/2020).

Berkat dana Otsus, pembangunan Jayapura juga lebih bergerak dengan ditandai perbaikan infrastruktur, juga kenaikan capaian indeks pembangunan manusia dan angka harapan hidup yang terus membaik, dari tahun ke tahun.

“Perjalanan Otsus selama 19 tahun sejak 2002, saya katakan ada kemajuan dari berbagai aspek dibanding masa sebelum Otsus. Meskipun belum memenuhi harapan semua kalangan, karena ada faktor penghambat dari internal eksternal,” ucapnya.

Menurut dia, implementasi Otsus di Jayapura sudah berhasil dan Otsus perlu berlanjut, karena tingkat ketergantungan pada fiskal Otsus cukup besar. Apalagi berkat dana Otsus, pemerintah Jayapura bisa menyekolahkan anak-anak ke luar negeri.

“Memajukan orang Papua, perbaikan infrastrutur, kesehatan. Karena itu, dana Otsus ke depan harus benar-benar digunakan untuk kesejahteraan masyarakat Papua,” tegasnya.

News Feed