oleh

Baik-baik Dengan Rakyat, Satgas Kodam XVII Cenderawasih Berhasil Amankan Puluhan Senpi Ilegal

-Artikel, Kriminal-3.758 views

Kitorangpapuanews.com – Tidak kurang dari 74 pucuk senjata ilegal berbagai jenis berhasil diamankan oleh Satgas Kodam XVII Cenderawasih, keberhasilan ini tentunya merupakan hasil kerja keras Satgas XVII Cenderawasih melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, pengamanan daerah rawan dan operasi intel yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan menjalin hubungan baik terhadap rakyat selama tahun 2017.

“Berkat hubungan baik yang tercipta dan bina teritorial yang baik, timbul kesadaran masyarakat untuk menyerahkan senjata api yang mereka miliki kepada prajurit,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit saat gelar barang bukti senjata api di Makodam, Senin (19/2), seperti yang dikutip dari www.kodam17cenderawasih-tniad.mil.id.

Dijelaskannya , 74 senjata api terdiri dari 14 pucuk senjata standar dan 60 pucuk senjata rakitan. Senjata standart 14 pucuk terdiri dari 6 laras panjang dan 8 laras pendek. Sementara 60 senjata rakitan terdiri dari 37 laras panjang dan 23 laras pendek.

“74 senjata ini merupakan hasil kerja keras seluruh prajurit yang beroperasi di daerah Papua. Ada prajurit yang tergabung dalam pasukan satuan tugas pengamanan daerah perbatasan, ada sebagai satuan tugas pengamanan daerah rahwan dan juga satuan tugas intel”, ujar Pangdam, dikutip dari www.kodam17cenderawasih-tniad.mil.id.

Dijelaskan juga bahwa, senjata-senjata standar/pabrikan yang berhasil diamankan bukan senjata organik TNI, senjata tersebut adalah senjata hasil operasi yang didapatkan dari kelompok KKSB, dimana mereka (KKSB) mendapatkan senjata tersebut dari hasil tindakan kriminal.

Sebagian besar senjata yang diperoleh adalah senjata-senjata rakitan yang dibuat oleh masyarakat sendiri, dengan pendekatan yang baik kepada masyarakat serta dengan mengedepankan faktor keamanan di wilayah Papua, maka satgas Kodam XVII Cenderawasih menjalin hubungan yang baik dengan rakyat, sehingga rakyat dengan senang hati untuk menyerahkan senjata-senjata rakitan tersebut demi terciptanya keamanan di wilayah Papua. (**)

News Feed