oleh

Demi penghargaan untuk pribadi, Benny Wenda korbankan rakyat papua

-Artikel-441 views

kitorangpapuanews — Pemerintah Inggris angkat bicara mengenai pemberian penghargaan oleh pemerintah kota Oxford kepada pemimpin United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda. Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris menyatakan pemberian penghargaan itu tidak terkait dengan London. Dalam sebuah pernyataan, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris menegaskan bahwa posisi London soal Papua tidak pernah berubah, yakni itu adalah bagian dari Indonesia.

“Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran ingin menggarisbawahi bahwa posisi lama Pemerintah Inggris di Papua tidak berubah. Kami mendukung integritas wilayah Indonesia dan menganggap Papua sebagai bagian integral dari Indonesia,” ucapnya seperti dikutip Sindonews dari lama resmi mereka pada Selasa (16/7).”Kehadiran (Benny) Wenda di Inggris tidak berarti bahwa Pemerintah Inggris mendukung posisinya tentang kedaulatan Papua, dan penghargaan oleh Dewan Kota Oxford tidak ada hubungannya dengan kebijakan Pemerintah Inggris. Dewan lokal secara politik independen dari pemerintah pusat dan jadi ini adalah masalah bagi Dewan Kota Oxford,” sambungnya.

Mereka kemudian mengatakan Inggris terus mendukung upaya pihak berwenang dan masyarakat sipil untuk mengatasi kebutuhan dan aspirasi rakyat Papua, termasuk untuk memperkuat perlindungan HAM dan memastikan bahwa orang Papua mendapat manfaat dari pembangunan yang berkelanjutan dan adil. “Pejabat dari Kedutaan Besar Inggris Jakarta secara teratur mengunjungi Papua, dan bertemu dengan berbagai otoritas, LSM dan kelompok kepentingan,” tukasnya. Sebelumnya diwartakan, Dewan Kota Oxford memberikan penghargaan Honorary Freedom kepadanya. Itu merupakan penghargaan tertinggi yang biasa diberikan Kota Oxford dan merupakan salah satu tradisi tertua yang masih dijalankan.Honorary Freedom hanya status kehormatan saja, tanpa hak lain selain untuk menghadiri pertemuan dewan formal, seperti Dewan Tahunan dan acara-acara seremonial lain.

Dari sini terjawab bahwa penghargaan yang diterima Benny Wenda tersebut sama sekali tidak mempengaruhi Kedaulatan RI terhadap Papua., dan bukan berarti Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris mendukung kampanye Benny Wenda tentang Pembebasan Papua Barat. Bahkan para pakar Politik dan Ham berpandangan bahwa penghargaan yang diterima menegaskan bahwa Benny Wenda (BW) berjuang untuk dirinya sendiri/pribadi dan untuk  ketenaran dirinya saja bukan berjuang untuk rakyat Papua yang selama ini dibicarakan. Ditambah lagi hidup Benny Wenda di Oxford Inggris dapat Subsidi dari masyarakat Papua dengan berbagai dalih dan bahkan hidup bermewah-mewahan berbanding terbalik dgn hidup masyarakat Papua yang justru serba terbatas dan kekurangan

News Feed