APARAT KEAMANAN STERILISASI GEREJA JELANG NATAL

oleh

Timika, Kitorang Papua – Satuan Brimob di Mimika, Papua melakukan sterilisasi gereja menjelang misa malam Natal, Senin (24/12). Mengukutip pada Kompas.com, sterilisasi dilakukan di Gereja Katolik Katedral Tiga Raja di Jalan Yos Sudarso Kota Timika. Setiap sudut ruangan maupun halaman gereja tak luput dari pemeriksaan Tim Gegana Brimob Yon B Polda Papua yang dipimpin langsung Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, ada 4 gereja yang disterilisasi tim Gegana yaitu Gereja Katolik Katedral Tiga Raja, Gereja Torsina, Gereja Marthen Luther, dan Gereja Diaspora.

“Sedangkan di gereja lainnya kami lakukan secara manual,” kata Agung.

Ada 21 gereja yang diamankan ratusan personel TNI – Polri serta relawan dari FKUB, Pramuka, organisasi kemasyarakatan dan seskom pada misa malam Natal dan Ibadah Natal besok. Selain itu, ada 4 posko Operasi Lilin yang didirikan di depan Supermarket Diana Jalan Budi Utomo, Bandara Mozes Kilangin, Pelabuhan Poumako, dan Jalan Budi Utomo Ujung.

“Saat ini ratusan personel ini sudah disebar di 21 gereja,” tutur Agung. Sementara itu, saat ini Misa Malam Natal sudah dimulai di sejumlah gereja di Timika, salah satunya di Gereja Katolik Katedral Tiga Raja. (*)