APARAT DAN MASYARAKAT PANEN JAGUNG DI KEEROM

oleh

Keerom, Kitorang Papua – Prajurit TNI dari Yonif 121/MK bersama rakyat panen raya jagung jenis srikandi kuning di Kampung Wonorejo, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, Papua.

“Panen raya itu dilaksanakan pada Sabtu pekan kemarin bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua (BPTP) Papua dan Dinas Pertanian Kabupaten Keerom di Pos Kotis”, kata Komandan Kompi Markas (Dankima)Yonif 121/MK Kapten Inf Iman Siregar.

Menurut dia, jagung jenis srikandi kuning temasuk varietas terbaru hasil pertanian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Bogor yang digolongkan ke dalam jagung bermutu dan berprotein tinggi.

“Dari hasil panen jagung srikandi kuning yang ditanam di lahan seluas satu hektar ini mencapai bobot 8,35 ton dan jika dibandingkan dengan jenis jagung lain yang biasa ditanam warga, biasanya hanya menghasilkan 6 hingga 7 ton” , katanya.

Dinas Pertanian Kabupaten Keerom dan BPTP Papua, kata dia, sengaja digandeng untuk bekerjasama mengembangkan bibit jagung srikandi kuning ini di Kampung Wonorejo dengan mengundang warga agar petani dapat menghasilkan jagung yang lebih banyak dengan masa panen yang relatif singkat. (*)