ANTUSIASME MASYARAKAT MERAUKE JELANG PEMILU 2019

oleh

Merauke, Kitorang Papua – Kunjungan kerja anggota DPR/MPR RI, Sulaeman Hamzah, di Merauke mendapat respon antusias masyarakat. Hal ini tampak pada acara gelar dengar pendapat yang dihadiri ratusan masyarakat. Kegiatan tersebut bertemakan ‘Mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 Berkualitas serta Berintegrasi’.

Dengar pendapat yang berlangsung di Swiss-bell Hotel, Rabu (20/2),  menghadirkan beberapa pembicara seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu provinsi dan kabupaten, Kejaksaan Negeri (Kejari) serta Polres Merauke.

Dalam sambutannya, Sulaeman mengatakan banyak calon legislatif adalah orang pintar. Hanya saja, tak memiliki finansial cukup. Karena kurangnya sinergitas legislatif dan eksekutif untuk menjaring aspirasi ini.

“Saya berkeliling di berbagai daerah di Indonesia dan menemukan banyak persoalan. Salah satunya adalah kurang adanya sinergi antara legislatif maupun  eksekutif. Bahkan ada legislatif bersikap pasif, lantaran tak pernah turun ke lapangan menjaring aspirasi  masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Sulaeman mengatakan sosialisasi hari ini bertujuan memberikan perlindungan terhadap pemilih dari caleg yang tak amanah. Serta untuk mensosialisasikan tata cara pencoblosan.

Dijelaskan, dari waktu ke waktu saat berlangsung pemilu, ada sejumlah persoalan ditemukan di tingkat penyelenggara dari tingkat bawah sampai pleno akhir di KPU.

“Dengan pengalaman sebelumnya, saya berharap  dapat ditekan dalam pemilu kali ini,” ungkap Sulaeman.

Angota Bawaslu Provinsi Papua, Jamaluddin Ladorua, mengharapkan KPU secara kontinu melakukan sosialisasi kepada masyarakat menjelang pemilu presiden maupun legislatif.

“Ini sangat penting dilakukan, lantaran banyak yang belum mengetahui cara mencoblos. Apalagi  jumlah surat suaranya sampai lima. Dengan demikian, membutuhkan waktu bagi pemilih ketika berada di dalam bilik TPS,” katanya. (*)