oleh

Antisipasi Corona, Bule Dilarang Masuk ke Papua

-Artikel, Berita-149 views

Kitorangpapuanews.com – Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua memberlakukan aturan sementara larangan kunjungan bagi warga negara asing (WNA) ke Bumi Cenderawasih.

Aturan mulai diterapkan pada Senin (19/3/2020), pasca isu virus corona telah masuk ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menyebutkan larangan sementara ini akan diterapkan untuk mengantisipasi virus corona masuk Papua.

Pembatasan lainnya juga berlaku bagi tamu warga negara Indonesia (WNI) dari luar Papua yang akan berkunjung ke Papua. Artinya, untuk sementara waktu, tamu yang bisa masuk ke Papua hanya tamu yang berhubungan dengan kepentingan penyelenggaraan PON XX di Papua .

Advertisement

“Senin besok, kami akan menertibkan hal ini. Kami akan batasi orang masuk ke Papua, untuk mencegah virus corona masuk Papua,” kata Klemen, Kamis (5/3/2020), usai memimpin rapat pencegahan corona di Kantor Gubernur Papua.

Sejumlah larangan ini dilakukan karena Papua akan melaksanakan PON pada Oktober mendatang dan jangan sampai virus ini masuk Papua dan pelaksanaan PON Papua tertunda.

“Kami mengimbau masyarakat di Papua, untuk saat ini jangan dulu bepergian ke luar Papua, jika tak terlalu mendesak,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPR Papua, Jhon Banua Rouw minta pemerintah untuk segera membuat aturan pelarangan ini, agar tak meresahkan warga di Papua.

Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Jimmy Mabel sepakat aturan yang dibuat Pemprov Papua. Apalagi banyak negara yang juga menerapkan aturan larangan kunjungan WNA.

News Feed