ANGGOTA DPR PAPUA, PASTIKAN HARGA BAHAN POKOK STABIL JELANG NATAL DAN TAHUN BARU

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Jelang perayaan Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru, 1 Januari 2019. Komisi II DPR Papua bidang ekonomi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Jayapura.

Anggota Komisi II DPR Papua, Mustakim mengatakan, pihaknya berencana melakukan sidak awal Desember 2018 mendatang dengan melibatkan Dinas Perdagangan dan Koperasi (Perindakop) dan instansi terkait lain.

“Kami ingin memastikan apakah kebutuhan bahan pokok (bapok) jelang Natal terpenuhi dan tak ada lonjakan harga yang terlalu signifikan,” kata Mustakim, Sabtu (24/11).

Katanya, sudah hukum ekonomi setiap jelang perayaan hari besar keagamaan, terkadang terjadi kelangkaan dan lonjakan harga bapok di pasar.

“Wajar Kalau ada kenaikan harga bapok, tapi jangan melampaui batas. Distributor dan pedagangan jangan mengambil kesempatan jelang perayaan hari besar keagamaan,” ucapnya.

Satu diantara pedagang di pasar tradisional Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Sarifuddin mengatakan, hingga kini harga sejumlah kebutuhan di antaranya cabe, bawang merah dan bawang putih masih stabil.

“Cabe rawit masih berkisar Rp 40-50 ribu perkilogram. Bawang merah dan bawang putih juga. Belum ada kenaikan harga yang signifikan. Paling hanya berkisar Rp 3.000-Rp 5.000,” kata Sarifuddin.

Menurutnya, kanaikan harga cabe rawit, bawang dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya terkadang disebabkan minimnya pasokan dari distributor atau faktor cuaca sehingga petani gagal panen. (*)