oleh

AKTIVIS KESEHATAN : TAMBAH ANGGARAN KESEHATAN UNTUK KESEJAHTRAAN MASYARAKAT PAPUA

-Artikel, Berita-313 views

Kitorangpapuanews.com – dr. Rosaline Irene Rumaseuw yang juga merupakan seorang aktivis kesehatan Papua, meminta agar revisi Undang-undang Otsus harus memperhatikan alokasi anggaran kesehatan.

“Revisi Otsus anggaran khusus alokasi kesehatan harus ditambah. Untuk masyarakat Papuasehat kok,” tegas Rosaline saat menjadi narasumber diskusi virtual Pembangunan Papua Berkelanjutan yang diselenggarakan Human Studies Institute, Sabtu (8/8/20)

Rosaline juga meminta pengawasan terhadap dana Otsus juga harus semakin ketat, agar tidak ada dana anggaran yang diselewengkan.

“Tapi pengawasan harus ketat,” ujarnya.

Rosaline juga menantang KPK agar berani terjun langsung mengawasi dana Otsus di Papua, Sehingga dana Otsus yang diberikan pemerintah pusat dapat menyentuh masyarakat Papua sampai kepada lapisan yang paling bawah.

“KPK juga jangan hanya ada di Kuningan, kalau saran saya KPK harus berani terjun ke Papua, kalau salah minta maaf, tapi itu yang saya lihat,” tambah Rosaline.

Menurutnya pasti ada yang harus diperbaiki sehingga ke depan Otsus bisa benar-benar mendatangkan manfaat bagi maayarakat Papua. Dana Otsus yang begitu besar yang seharusnya menghasilkan dampak yang signifikan yang dapat dirasakan masyarakat.

“Dana Otsus itu banyak, kenapa hasilnya dilihat orang kurang signifikan”ujarnya.

Rosaline juga mengingatkan bahwa seharunya masyarakat Papua tidak terus menyalahkan pemerintah pusat akantetapi ikut bersama-sama untuk mengawasi dalam implementasinya di Papua.

“Jangan terus-terusan salahkah pusat. Ayo awasi bersama,” tegasnya.

News Feed