oleh

Aktifitas Warga Jayapura Kembali Normal, Ormas Pemuda di Papua Minta Massa Menahan Diri

-News-545 views

Kitorangpapuanews – Suasana di Kota Abepura dan Jayapura, Papua, terpantau kondusif. Aktifitas warga mulai kembali normal, dan arus lalu lintas tampak lancar.

Aksi massa pada Senin siang memang sempat membuat kota lumpuh total. Kondisi pun mencekam, karena ribuan orang long march menuju Gedung DPRD Provinsi Papua.

Namun pada sore hari kondisi berangsur membaik, dan di malam hari situasi pun telah kondusif. Tidak ada pengamanan dari aparat kepolisian, hanya patroli yang sewajarnya saja di beberapa titik.

Organisasi kepemudaan dan lintas agama di Kota Jayapura menggelar pertemuan. Di antaranya Ansor Papua, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia Papua dan Pemuda Katolik Papua.

“Kami mengutuk tindakan oknum yang tidak punya rasa persaudaraan kepada sesama anak bangsa,” kata Ketua GP Ansor Papua, Amir Mahmud Madubun.

Dia mengatakan, kasus yang terjadi di sejumlah daerah Jawa pada peringatan HUT ke-74 RI kemarin harus diselesaikan. Pihaknya berharap polisi dapat menegakkan hukum demi memberi keadilan.

Amir juga bersyukur, aksi massa yang berpusat di Jayapura tak sampai menimbulkan kericuhan. Masyarakat dan mahasiswa yang menjadi pengunjuk rasa dapat menggelar aksi secara tertib dan lancar.

“Kami juga bersyukur, pemda dan gubernur dapat memberikan sikap. Sekarang kami meminta seluruh elemen masyarakat menahan diri, agar tidak terjadi konflik yang lebih besar lagi,” kata Amir.

 

News Feed