AKSI LILIN DI JAYAPURA, PEMBANTAIAN DI NDUGA ADALAH TRAGEDI KEMANUSIAAN

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Masyarakat Kota Jayapura menggelar aksi menyalakan lilin sebagai bentuk simpati kepada korban pembunuhan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Trans Papua. Aksi menyalakan lilin dilakukan di Taman Imbi, Jayapura.

Pelaksana tugas Kepala Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey, mengungkapkan aksi bakar lilin tersebut dalam rangka memperingati Hari HAM ke-70 serta sekaligus sebagai ungkapan kepedulian atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

“Aksi bakar lilin ini tujuan utama tidak lain ialah mendoakan para korban tragedi itu dan sebagai simbol menolak kekerasan di tanah ini. Di sisi lain untuk mendoakan agar Nduga kondusif,” kata Frits, Rabu (5/12) malam.

Frits mengatakan, dalam aksi bakar lilin ini, ada 70 lilin yang dibakar. Ke-70 lilin tersebut merupakan tanda 70 tahun memperingati Hari HAM, yang akan jatuh pada 10 Desember mendatang.

“Ini adalah simbol kepedulian kami. Kita tidak melihat siapa yang dibunuh, tapi ini adalah tindakan ketidakmanusiaan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab,” terangnya. (*)