AKSI KEJI TPN OPM MEMBUNUH PUTRA PAPUA PRATU ANM USMAN

oleh

Kitorangpapuanews.com – Gerombolan separatis Nduga kembali berulah, seorang anggota pengamanan pembangunan jalan trans Papua gugur sebagai pahlawan pembangunan. salah satu warga asli Papua, Alm. Pratu Anm Usman Hembelo yg merupakan Putra Daerah dari Kab. Yahukimo menjadi korban keji penembakan dari KKSB TPN/OPM yang dilakukan kelompok Egianus Kogoya. Almarhum Paratu Usaman merupakan putra pertama dari 2 bersaudara dari Alm. Bpk Isay Helembo dan Ibu Yohana Egabak, suku asli Yali Angru Kab. Yahukimo. Peristiwa penembakan tepat di lokasi pembangunan jembatan Sungai Yuguru. Pembangunan ini sebagai bagian dari proyek strategis nasional jalan trans Papua Wamena-Mumugu, di Distrik Yuguru, Kabupaten Nduga, Papua.

Kelompok Separatis KKSB TPN OPM Pimpinan Egianus Kogoya miliki rapor merah bagi aparat kepolisian dan TNI, Egianus Kogoya bukan nama yang asing lagi. Ia sebagai pimpinan dari gerakan separatis KKSB TPN OPM yang kerap terlibat dalam serangkaian aksi penembakan. Dalam beberapa aksi yang dilakukan pada saat penyerangan di lapangan terbang di Kenyam, ibu kota Kabupaten Nduga. Satu pilot Trigana Air dan dua orang sipil terluka, sementara dua orang anak berserta kedua orang tuanya tewas dibunuh. Pada Desember 2017, pekerja Trans Papua di Kecamatan Mugi diserang kelompok Egianus Kogoya. Pekerja proyek bernama Yovicko Sondakh meninggal dan seorang aparat luka berat. Pada 1-2 Desember 2018, sebanyak 25 pekerja PT Istaka Karya, kontraktor jalan Trans Papua, dibawa ke Bukit Puncak Kabo. Dengan tangan terikat, mereka ditembak. Sembilan belas orang disebut tewas.

Kebrutalan Separatis KKSB TPN-OPM ini harus diakhiri. Pemerintah dan masyarakat Papua wajib bekerja sama untuk menghentikan kebrutalan seperatis KKSB TPN OPM dalam membunuh warga dan pengrusakan pembangunan di Papua. Pemerintah juga harus serius menyikapi kasus-kasus yang dilakukan separatis KKSB TPN OPM di Papua ini. Sehingga warga Papua merasa aman untuk beraktivitas dan pembangunan infrastruktur di Papua berjalan baik demi kesejahteraan masyarakat Papua.