Akankah PON XX tidak jadi dilaksanakan di Papua?

oleh -3.154 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Papua akan menjadi tuan rumah PON XX/2020. KONI sudah melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan venue awal Januari lalu. Hanya saja, hingga saat ini pembangunan venue di wilayah tersebut macet.

Kondisi itu sangat memprihatinkan untuk pelaksanaan olahraga akbar empat tahunan tersebut. ”Pembangunan venue masih nol persen,” kata Wakil Ketua KONI Mayjen Purn Suwarno kepada wartawan usai menghadiri acara Musprov KONI NTB, kemarin (14/7).

Dia mengatakan, saat ini Papua memiliki 10 Gelanggang Pemuda  Olahraga (GOR) yang rencananya akan dijadikan venue pelaksanaan PON. Namun, 10 venue itu masih dalam tahap renovasi. ”Sampai sekarang kondisinya begitu-begitu saja,” jelasnya.

Rencananya, pihaknya akan memantau pembangunan persiapan venue PON dua bulan kedepan. Langkah itu untuk memastikan apakah pemerintah Provinsi Papua itu sanggup atau tidak menyelesaikan venue yang akan dijadikan sebagai tempat perhelatan akbar olahraga tersebut. ”Saya ingin cek langsung dan menanyakan langsung kesiapan pemprovnya,” kata dia.

Jika memang hingga akhir tahun ini pemprov Papua tidak juga bergerak untuk membangun venue PON, KONI akan melakukan rapat evaluasi. Langkah itu untuk menetapkan apakah layak atau tidak pelaksanaan PON di Papua.  ”Kita akan bahas permasalahan yang dihadapi Papua nanti,” ujarnya.

Dia menegaskan, KONI akan memberi waktu hingga 2018. Jika venue tersebut tidak juga ada perubahan atau baru mengerjakan dibawah 50 persen, kemungkinan besar pelaksaan PON di Papua dibatalkan.

Untuk memilih tuan rumah yang baru, pihaknya akan menentukannya di rapat KONI selanjutnya. ”Tidak bisa kita tunjuk secara langsung provinsi mana yang akan menjadi pelaksana PON. Semua harus dibahas di rapat KONI,” tegasnya.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan yang sangat besar, ada apa dengan pembangunan di Papua? Padahal Pemerintah Pusat sudah sangat menfokuskan pembangunan di Papua, termasuk memberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah PON XX. (Dees)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *