oleh

95 mahasiswa Papua Barat di luar negeri dalam kondisi sehat

Kitorangpapuanews.com -Manokwari- Sebanyak 95 mahasiswa asal Papua Barat yang saat ini berada di luar negeri dalam kondisi sehat, kata Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat, Barnabas Dowansiba.

Dihuhungi melalui telepon seluler, Rabu, Barnabas mengutarakan bahwa puluhan mahasiswa itu tersebar dua negara yakni Jerman dan Australia. Seorang di antara mereka adalah putra dari Gubernur Papua Barat.

“Di Jerman ada 37 orang, salah satunya putra Bapak Gubernur sedangkan di Australia 58 orang. Kalau di Selandia Baru sudah tidak ada, di China juga tidak ada, semua sudah dipulangkan,” kata Barnabas.

Berdasarkan laporan yang diterima, lanjut Dowansiba, sejauh ini seluruh mahasiswa Papua Barat di dua negara itu tidak ada yang mengalami gejala seperti flu, batuk, sakit radang yang mengarah pada penyakit coronavirus disease (COVID-19).

Ia berharap para mahasiswa yang kini sedang menempuh pendidikan di luar negeri itu selalu menjaga kesehatan.

Mereka pun diimbau untuk taat terhadap instruksi dan imbauan yang dikeluarkan pemerintah setempat terkait pencegahan dan pengendalian corona.

“Tetap berada di rumah, jaga kesehatan dengan menerapkan budaya hidup bersih dan pastikan tidak terjadi kontak langsung dengan pasien terjangkit,” ujar Dowansiba lagi.

Barnabas mengutarakan, untuk saat ini Pemerintah Papua Barat pun belum dapat memulangkan mereka, karena terkendala aturan yang diterapkan pemerintah di negara tersebut tentang pencegahan COVID-19.

“Mau kembali ke Tanah Air tidak bisa, maka satu-satunya cara yang aman agar terhindar virus ya di rumah saja. Sebaiknya seperti itu, saat ini sudah tidak ada negara yang aman dari corona maka langkah bijak ya ikuti instruksi pemerintah,” katanya.

News Feed