oleh

71 Anggota TNi Dikirim ke Papua untuk Perkuat Pengamanan

-News, Publik-552 views

Kitorangpapuanews.com – Kodam XIV/Hasanuddin mengirim puluhan aparat teritorial (Apter) yang terdiri dari para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Komandan Rayon Militer (Danramil) ke Papua. Mereka akan ditempatkan di Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari. Mereka bertugas kurang lebih setahun.

Pengiriman Apter berkualifikasi Babinsa dari Kodam XIV/Hasanuddin ini adalah kali keduanya. Pengiriman yang sama dilakukan tahun lalu. Yang akan dikirim tahun ini berangkat 22 Januari nanti untuk menggantikan Apter sebelumnya di sana yang masa tugasnya akan berakhir.

“Jadi ada 71 Apter berkualifikasi Babinsa, Danramil akan kita kirim ke Papua untuk jalankan tugas penebalan karena di sana kekurangan personel. Karena sifatnya penebalan berarti untuk mendukung tugas Danramil dan Babinsa yang ada di sana. Termasuk membantu kegiatan pendidikan seperti mengajar di SD dan SMP,” kata Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono yang ditemui usai memberikan materi pembekalan kepada aparat terirorial ini di Makodam, Senin (20/1).

Karena situasi dan kondisi di Papua masih rawan, kelompok kriminal bersenjata masih berkeliaran, Budi Sulistijono mengingatkan anggota yang akan bertugas di Papua itu untuk selalu berhati-hati. Sembari tetap menjalankan kemampuan-kemampuan teritorial.

Ditambahkan, setelah diberi pembekalan sebelum berangkat, di Rindam di wilayah Papua nanti juga akan memberikan pembekalan yang lebih detail karena bertugas di Papua sana tidaklah ringan, mengingat kondisi geografi dan demografi di Papua kompleks.

News Feed