oleh

6 KKSB OPM yang Tewas ditembak TNI-Polri di Tembagapura Dibakar oleh Kelompoknya

-Artikel, News-293 views

Kitorangpapuanews.com – Petugas gabungan TNI-Polri menembak mati empat anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB OPM) di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Keempat anggota KKSB OPM itu tewas setelah terlibat kontak senjata dengan anggota TNI-Polri selama dua hari di Kali Bua, Distrik Tembagapura, pada Sabtu (14/3/2020) dan Minggu (15/3/2020).

Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata mengatakan, jenazah enam anggota KKSB OPM itu sudah dibakar oleh anggota kelompoknya

Kapolres mengatakan, pihaknya telah mengetahui nama-nama enam KKSB OPM itu dari media sosial milik KKSB OPM.

Mereka sudah memberikan pernyataan yang membenarkan meninggalnya enam orang tersebut dan dua orang lainnya luka-luka lengkap dengan pangkatnya

“Bahkan, jenazah berjenis kelamin perempuan ” kata Era mengutip Antara, Selasa (17/3/2020).

Upaya yang dilakukan oleh aparat TNI dan Polri itu, kata Kapolres, murni dalam rangka penegakan hukum.

Ini karena kelompok tersebut merupakan pelaku utama yang menembaki mobil patroli Polsek Tembagapura.

Kapolres menegaskan aparat TNI/Polri kini terus berupaya menguasai semua perkampungan sekitar Tembagapura dari keberadaan KKSB OPM.

Petugas berupaya mengembalikan kondisi di sana seperti semula sehingga masyarakat yang saat ini turun di Timika bisa kembali ke kampung mereka untuk menjalani kehidupan secara normal. 

“Kasihan masyarakat, mereka sangat ketakutan dengan keberadaan KKSB OPM. Makanya, saat itu mereka meminta bantuan kami di Polsek Tembagapura untuk dievakuasi ke Timika,” kata Era.

Sejumlah perkampungan sekitar Kota Tembagapura kini sudah dikuasai oleh aparat gabungan TNI dan Polri, setelah sebelumnya lokasi itu diduduki kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB OPM).

“Sebagian sudah kita kuasai. Tentunya ada strategi lebih lanjut untuk segera mengamankan seluruh kampung-kampung di sekitar Tembagapura, khususnya Kampung Opitawak dan Banti,” kata Era.

Kapolres mengatakan, kawasan sekitar Polsek Tembagapura, termasuk Kampung Utikini yang selama ini sering kali menjadi lokasi persembunyian KKSB OPMuntuk melakukan teror penembakan, sepenuhnya sudah dikuasai oleh anggota TNI/Polri.

“Gunung-gunung yang ada di belakang Polsek Tembagapura itu sudah kita kuasai semuanya,” ujarnya.

Penegakan hukum terhadap anggota KKSB yang melakukan teror penembakan baru bisa dilakukan efektif setelah seluruh warga empat kampung sekitar Tembagapura, yaitu Kimbeli, Banti 1, Banti 2, dan Opitawak dievakuasi ke Timika lebih dari sepekan lalu

 

News Feed