oleh

5 Tahun Dibangun, Jokowi Klaim Infrastruktur Papua Kini Jauh Lebih Baik

Kitorangpapuanews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim saat ini infrastruktur di Papua sudah jauh lebih baik ketimbang sebelum 2014 atau sebelum masa pemerintahannya. Dirinya berharap, infrastruktur yang dibangun di Papua bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

“Jangan kita merasa sudah bagus di lingkungan kita Jakarta ya, infrastruktur ya. Coba pergi ke Jayapura, terbang lagi ke Wamena tapi jangan di Wamena, pergi ke Nduga. Lima tahun lalu saya ke Wamena saya kaget apalagi yang namanya Nduga, ada infrastruktur di daerah biasa saja. Padahal itu seperti jalan Sudirman-Thamrinnya di sana,” ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (6/11). Jokowi mengungkapkan, wilayah Wamena dan Nduga yang terhalang dengan Pegunungan Tengah pada 5 tahun lalu belum ada jalan.

“Masyarakat di sana dahulu harus jalan kaki selama 4 hari 4 malam padahal jarak yang ditempuh hanya sekitar 83 Km. Tapi karena medan pegunungan yang berat, mobilitas orang dan barang sulit. Kita coba bayangkan bagaimana saudara kita, logistik kalau sakit pelayanan kesehatan. Papua itu juga negara kita,” tuturnya.

Ia menyebut kondisi itu sudah jauh berubah saat ini. Terlebih setelah pembangunan jalan Trans Papua dilakukan, termasuk akses jalan Jayapura – Wamena sepanjang 575 Km yang saat ini sudah tembus. Menurutnya kondisi Papua sudah jauh lebih baik.

“Tapi kembali lagi 5 tahun ke depan kita masih continue untuk membangun infrastruktur kita terus, tetapi lebih fokus. Saya sampaikan ke menteri PU kalau tol sambungkan dengan kawasan industri, kawasan wisata, airport juga harus disambung dengan yang terkait kegiatan ekonomi. Pelabuhan juga,” pungkasnya.

News Feed