5 HAL PAPUA, MITOS ATAU FAKTA?

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Di ujung timur Indonesia terdapat pulau besar, yaitu Papua, yang tak banyak orang tahu keunikan dan kekhasannya. Papua terbagi menjadi dua provinsi, yaitu Provinsi Papua dengan ibu kota Jayapura dan Provinsi Papua Barat dengan ibu kota Manokwari.

Bagaimana orang awam memandang Papua? 5 hal dibawah ini, mitos kah atau fakta kah?

1. Papua itu Primitif

MITOS. Papua sudah sangat maju dan berkembang. Kehidupan di kota-kota Papua sudah mirip dengan kehidupan kota besar di Indonesia lainnya. Seperti di Jayapura sendiri sudah ada Mall bahkan terdapar bioskop. Masyarakat Papua sangat menghormati adat sehingga budaya Papua masih ada dan tetap dilestarikan disamping ke-modern-an yang saat ini sudah berkembang di Papua.

2. Papua dan Malaria

FAKTA. Malaria merupakan penyakit endemik yang sangat ditakutkan oleh masyarakat baik yang berasal dari Papua maupun yang berasal dari luar Papua. Gejala penyakit ini adalah demam pada pagi hingga siang hari kemudian menggigil hebat pada sore hingga malam hari. Belum lagi disertai dengan kepala sakit dan mual yang luar biasa. Jika mengalami demam dengan gejala seperti ini disarankan untuk segera ke dokter untuk mendapatkan menanganan yang tepat sebelum menjadi lebih parah.

3. Masyarakat Papua Berkoteka

MITOS. Jarang sekali saat ini ditemui masyarakat asli Papua menggunakan koteka, mungkin bagi yang tinggal di pedalaman, memang masih menggunakan koteka. Tapi sebagian daerah di Papua sudah merupakan kota. Sehingga cara berpakaian juga sudah menyesuaikan dengan keadaan kota seperti pada umumnya.

Bahkan masyarakat Papua mengikuti mode tren berpakaian merk dunia, seperti Levi’s, Polo, Supreme, dan lainnya. Yang sudah terjajar di mall-mall yang ada di Papua.

4. Papua dan Pinang

FAKTA. Hal ini masih menjadi kebiasaan kurang baik sebagian masyarakat Papua. Mereka terbiasa membuang ludah pinang sembarangan. Bekas pinang itu banyak terlihat di bahu jalan maupun tempat umum lainnya. Hal yang lumrah yang membudaya di masyarakat Papua. Tapi hal ini, sedikit demi sedikit mulai dikurangi. Agar masyarakat Papua tetap mengunyah pinang dan membuang ludah pinang pada tempatnya.

5. Papua Bahaya Konflik

MITOS. Perekonomian Papua menunjukan peningkatan yang positif. Banyak pendatang dari berbagai pelosok Indonesia mencari nafkah di bumi cenderawasih ini. Pun aparat keamanan sudah banyak tergelar di sejumlah wilayah. Sejumlah Papua bahkan menjadi tempat yang nyaman untuk berwisata, seperti Raja Ampat, Monumen Kapsul Waktu, maupun Pantai Jayapura.  (*)