oleh

395 Pelajar di Kota Jayapura Ikut Kompetisi Sains Nasional

Kitorangpapuanews.com Kota Jayapura – Sebanyak 395 pelajar dari 23 Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Jayapura ikut dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kota Jayapura. Kegiatan ini dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait di SMA YPK Diaspora, Kota Jayapura, Papua, Selasa, 10 Maret 2020.

Menurut Christian, kompetensi ini merupakan yang pertama dimana seluruh SMA belajar hal yang sama, yakni 9 mata pelajaran yang dilombakan ini telah dipelajari di seluruh SMA yang ada. Tapi kemampuan para siswa harus diuji dalam dua hal, yakni diuji saat mereka ujian dan kemudian diuji saat lomba.

“Prestasi mereka itulah dilombakan dalam kompetensi ini. Kompetisi ini dilaksanakan serentak di Indonesia hari ini. Dua hal yang kita harapkan dalam KSN ini, yakni melatih anak menguasai 9 mata pelajaran yang dilombakan dan para siswa bisa tampil di iven lebih besar, misalnya ada olimpiade dunia,” jelasnya.

Christian juga mengatakan, momen KSN ini juga dimana seluruh guru-guru di semua sekolah yang ada bisa melakukan evaluasi dan melihat sejauh mana kemampuan sekolah mendidik siswanya.“Setelah lomba ini, kepala sekolah akan panggil guru-guru ini dan mengevaluasi mereka, lalu mengingatkan di mana kurangnya mata pelajaran yang telah diberikan,” jelasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara KSN, Zandra mengatakan, setiap sekolah mengirim tiga utusan yang tentunya sudah diseleksi dari sekolahnya kemudian peserta yang terbaik itu yang dibawa untuk mengikuti KSN tingkat Kota Jayapura. “Untuk juara akan lanjut ke KSN tingkat Provinsi Papua, kemudian akan lanjut ke tingkat nasional,” jelasnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA tingkat Kota Jayapura, Laba Sembiring mengatakan, KSN ini tidak akan ada pada tingkat nasional bahkan dunia jika tidak dijaring pada tingkat kabupaten/kota.”Makanya pada ini secara serentak seluruh Indonesia, semua kabupaten/kota itu melaksanakan kompetensi sains ini secara bersamaan,” katanya.

Menurut Laba, pihaknya sebagai penanggung jawab mengatur teknis kegiatan yang diberi tugas oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua. “Kami laporkan bahwa 395 siswa hari ini siap bersaing untuk beberapa mata lomba di KSN tingkat Kota Jayapura,” katanya.

Beberapa lomba atau mata pelajaran yang dilombakan yaitu, lomba kimia diikuti 48 siswa, lomba fisika diikuti 45 siswa, lomba biologi diikuti 43 siswa, lomba geografi diikuti 42 siswa, lomba kebumian diikuti 33 siswa, lomba astronomi diikuti 38 siswa, lomba matematikan diikuti 46 siswa, dan lomba ekonomi diikuti 42 siswa.

“Jadi dari jumlah 395 siswa itu tadi, rinciannya itu. Harapan kami bahwa KSN tingkat Kota Jayapura ini bisa nanti menunjukkan tingkat kemampuannya di tingkat provinsi, kemudian akan berjenjang ke tingkat nasional,” ujarnya.

News Feed