SEPARATIS WPA “AMBIL ALIH KUASA “TPN-OPM DI PAPUA

oleh -156 views
Kongres Luar Biasa Ke- I TENTARA WEST PAPUA West Papua Army (WPA)

Kitorangpapuanews.com – JAYAPURA- Pembentukan West Papua Army atau Tentara Papua Barat di perbatasan Vanimo, PNG – Skow, Jayapura, Indonesia oleh pimpinan United Liberation Movement for West Papua ( ULMWP ) pada bulan Juni 2019 lalu untuk menegaskan ke publik bahwa ULMWP sekarang memiliki sayap militer, Benny Wenda  melakukan hal tersebut untuk menunjukkan eksistensinya. Banyak pihak yg kecewa dan tidak lagi bersimpati dengan gerakan politik komite eksekutif ULMWP membentuk West Papua Army (WPA).

Menurut Marinus Yaung “Dengan membentuk WPA, komite eksekutif telah mengambil alih peran separatis TPN-OPM di lapangan. Ini tindakan sabotase ULMWP dengan WPA nya terhadap kepemimpinan tertinggi OPM, Jenderal Egianus Kogoya. Tindakan sabotase ini tidak sesuai dengan nasehat Barack Sope yg menjadi nilai penting dalam Deklarasi Saralana”

Orang Papua sudah menaruh asa dan harapan penuh kepada ULMWP untuk memperjuangkan nasib Papua menuju proses penentuan nasib sendiri. Bahkan negara – negara Melanesia yang telah memberikan kedudukan politik observer bagi ULMWP dalam rumah MSG, akan kehilangan tujuan dan harapannya untuk melihat ULMWP dan Indonesia duduk dalam satu meja bersama utk berdialog konstruktif demi menyelesaikan konflik Papua dgn cara yang adil dan bermartabat. Akan ada banyak pihak yg kecewa dan tidak lagi bersimpati dengan gerakan politik komite eksekutif ULMWP membentuk West Papua Army (WPA).