3 Kabupaten Di Papua Sebagai Proyek Percontohan Pengembangan SDM

oleh

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menentukan tiga kabupaten sebagai proyek percontohan subsidi dana segar dalam mendukung program pengentasan kemiskinan pemerintah pusat.

Gubernur Papua Lukas Enembe, mengatakan tiga kabupaten tersebut yakni Lanny Jaya mewakili La Pago, Paniai mewakili Mee Pago dan Asmat mewakili wilayah adat Animha.

“Proyek percontohan subsidi dana segar ini diperuntukkan bagi anak usia 0-4 tahun dan usia lanjut (lansia) yakni 60 tahun ke atas,” katanya.

Menurut Lukas, proyek percontohan subsidi dana segar itu dalam rangka mendukung program pengentasan kemiskinan Pemerintah Indonesia yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Sebelumnya untuk pengentasan kemiskinan ini kami sudah memberikan dana Program Strategis Pembangunan Kampung (Prospek), akan tetapi belum tepat sasaran,” ujarnya.

Dia menuturkan akan menggunakan anggaran yang sudah ada, dalam hal ini dana Prospek untuk menekan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang rendah kemudian menurunkan angka kematian ibu dan anak termasuk dalam hal memperbaiki gizinya.

“Ketiga kabupaten ini akan diuji coba terlebih dahulu, jika program ini sukses maka subsidi ini akan khusus untuk anak usia 0-4 tahun, di mana akan menghasilkan anak-anak yang lebih tinggi badannya, cerdas dan lebih mudah untuk meraih sukses dalam hidupnya,” katanya lagi.

Dia menambahkan anak-anak usia emas yang disubsidi itu nantinya akan mempunyai rekening, namun sebelumnya di data dulu jumlah keseluruhannya di tiga kabupaten, baru diberi uang sebesar Rp 200-300 ribu perbulan kepada masing-masing anak. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *