oleh

2 Kades di Supiori, Papua Kembalikan Uang Negara Diduga Korupsi Ratusan Juta,

-Berita-25 views

Kitorangpapuanews.com – “Dua Kepala Desa (Kades) yang sudah mengembalikan DD yakni Desa Wombonda dan Desa Kobari Jaya. 2 desa ini sudah mengembalikan kerugian Negara kepada kami sejak tanggal 2 dan 4 juni kemarin. Desa Wombonda mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 202.857.000 dan Desa Kobari Jaya sebesar Rp 166.125.000, pengembalian itu diberikan dalam bentuk uang tunai,”kata Kasat Reskrim Polres Supiori, Pda Alexander T, S.TR.K kepada media ini, Rabu (10/6) melalui via selular. 

Di awal bulan Juni 2020, Satuan Reskrim Polres Supiori telah menerima pengembalian uang negara dari dua kampung di Kabupaten Supiori, Papua. Dua kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi itu merupakan penyalahgunaan Dana Desa (DD) tahun 2017 dan 2018. 

“Dua Kepala Desa (Kades) yang sudah mengembalikan DD yakni Desa Wombonda dan Desa Kobari Jaya. 2 desa ini sudah mengembalikan kerugian Negara kepada kami sejak tanggal 2 dan 4 juni kemarin. Desa Wombonda mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 202.857.000 dan Desa Kobari Jaya sebesar Rp 166.125.000, pengembalian itu diberikan dalam bentuk uang tunai,”kata Kasat Reskrim Polres Supiori, Pda Alexander T, S.TR.K kepada media ini, Rabu (10/6) melalui via selular. 

Dikatakan Kasat, pelaksanaan itu di awali dengan pembuatan Berita Acara Pemeriksan (BAP) klarifikasi, selanjutnya pendatangani Surat Tanda Terima ( STP ) dan pendatangani Berita Acara Terima oleh Kepala Kampung, Bendahara Kampung dan Bendahara Pembantu.

Selain itu, pengembalian kerugian negara disaksikan oleh kepala Inspektorat Kartubi, Kabag Hukum Pemda Ismail Badan,SH, Kanit Tipidkor Bripka Darlianto Apabila,SE, serta Aparat Kampung Kobari Jaya Distrik Supiori Utara.

“Saat pengembalian tersebut, Kepala Inspektorat Supiori menegaskan perihal pencegaan penggunaan Dana Desa jangan sampai terulang untuk yang ke-2 kalinya,”imbuhnya.

Adapun hal tersebut sudah ada MOU antara kepolisian, pemerintahan yakni APIP dan Kejaksaan, sebagai upaya pemulihan keuangan negara dalam penanganan kasus tipidkor. Dengan tujuan sebagai usaha untuk menyelamatkan kerugian negara yang terjadi di kabupaten Supiori.

“Saya beserta jajaran Sat Reskrim didampingi Kanit Tipikor juga mengucapkan terimakasih kepada kepala desa karena telah mengembalikan keuangan negara yang mungkin dalam penggunaannya masih ditemukan penyimpangan, baik itu secara sengaja atau tidak sengaja. Saya harap ini tdk terulang kembali dan menjadi pelajaran untuk desa lain, Sementara juga kami akan melakukan perencanaan untuk menyelidiki dugaan Tindak Pidana Korupsi di wilayah desa dan Dinas kabupaten Supiori,”pungkasnya.

 

News Feed