oleh

18 Penumpang Long Boat di Selamatkan Basarnas Manokwari di Perairan Tanah Rubuh

-Berita-282 views

Kitorangpapuanews.com – Kepala Basarnas Manokwari, George Leo Mercy Randang mengatakan, 2 perahu jenis long boat ini berangkat dari Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen menuju Manokwari. Mereka bermaksud akan mengikuti Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil (PI) ke-165 tahun.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kelas B Manokwari atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari berhasil menyelamatkan 18 orang dari 2 perahu jenis long boat yang mengalami kebocoran dan kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di Perairan Tanah Rubu, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, Sabtu malam, 1 Februari 2020.

“Tapi dalam perjalanan, 2 perahu ini mengalami kecelakaan pada titik koordinat °8’51.47″S/134°12’5.66″E atau tempatnya di Perairan Tanah Rubuh, Distrik Tanah Rubuh, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat,” jelas George, Minggu, 2 Februari 2020.

Menurut George, Tim SAR Gabungan menuju lokasi dengan 18 personil dengan menggunakan RIB dan berhasil menemukan dan mengevakuasi long boat yang kehabisan BBM dengan jumlah korban 12 orang. “Semua selamat dan dievakuasi ke KM SAR Kumbakarna, kemudian ke Dermaga Cokran Manokwari,” jelasnya.

Setelah itu, kata George, Tim SAR Gabungan kembali mencari 1 long boat yang pecah atau bocor. Namun 6 orang penumpangnya tidak tenggelam dan ditemukan dalam keadaan selamat.

“Jadi kami langsung bawa kembali para korban ke Dermaga Cokran Manokwari. Karena semua target telah ditemukan selamat dan tidak ada korban yang hilang, maka pencarian ditutup,” jelas George.

News Feed