oleh

1.950 APD Tiba di Papua

Kitorangpapuanews.com -Jayapura: Sebanyak 1.950 alat pelindung diri (APD) tiba di Papua. APD tersebut merupakan bantuan Pemerintah Pusat dikirim melalui TNI AU di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Barangnya (APD) sudah kami terima, ada 1.950. Kami langsung melakukan perincian untuk dikirim ke beberapa rumah sakit rujukan nasional di Papua serta rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di beberapa kabupaten dan kota,” kata Juru Bicara Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, di Jayapura, Sabtu, 28 Maret 2020 .

Silwanus menerangkan pendistribusian APD diprioritaskan untuk rumah sakit yang menagani pasien dalam pengawasan (PDP) korona. Dia mengaku APD telah dikirim ke Kabupaten Merauke, Mappi, Timika, Biak, Yapen, Kota Jayapura, dan Kabupaten Jayapura.

“Sisanya kami bagi juga ke rumah sakit lainnya sebagai stok cadangan, tapi tidak banyak,” ujarnya.

Sebelumnya, Staf Operasi TNI, Kolonel Infanteri Aditya Ningra Pasha, mengatakan pendistribusian APD menggunakan dua skema. TNI terjun langsung mendistribusikan ke daerah, terutama wilayah yang sulit terjangkau.

“Untuk skema pertama, TNI telah membantu untuk mendukung atau melaksanakan distribusi ke wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat. Ini dilakukan agar APD cepat tersalurkan,” kata Aditya dalam telekonferensi di Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur.

Skema kedua, pemerintah provinsi datang langsung ke gudang gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Gugus tugas akan menyediakan alat angkut menuju masing-masing provinsi.

APD yang sudah didistribusikan sebanyak 151 ribu paket. Sedangkan stok nasional tersisa sekitar 19 ribu APD. DKI Jakarta yang mendapat jatah paling banyak, yakni 40 ribu APD.

News Feed